Wayground logo

Free Printable Worksheets

Font size

S
M
L
XL
Worksheets

Quiz Perhitungan BEP dan ROI

Total questions: 33

Worksheet time: 20mins

Name
Class
Date
1.

Apa yang dimaksud dengan Break-Even Point (BEP)?

a)

Titik di mana biaya variabel lebih tinggi dari biaya tetap

b)

Titik di mana investasi tidak menghasilkan keuntungan

c)

Titik di mana keuntungan maksimal dicapai

d)

Titik di mana pendapatan total sama dengan total biaya

2.

Rumus BEP dalam unit adalah?

a)

BEP (unit) = Harga Jual per Unit / Biaya Tetap

b)

BEP (unit) = Biaya Tetap / (Harga Jual per Unit - Biaya Variabel per Unit)

c)

BEP (unit) = Total Investasi / Keuntungan Bersih

d)

BEP (unit) = Biaya Variabel per Unit / Harga Jual per Unit

3.

Apa langkah pertama dalam perhitungan BEP?

a)

Hitung Biaya Variabel per Unit

b)

Identifikasi Biaya Tetap

c)

Tentukan Harga Jual per Unit

d)

Masukkan nilai ke rumus BEP

4.

Jika Biaya Tetap adalah Rp10.000.000, Harga Jual per Unit Rp50.000, dan Biaya Variabel per Unit Rp30.000, berapa BEP dalam unit?

a)

400 unit

b)

700 unit

c)

300 unit

d)

500 unit

5.

Apa yang dimaksud dengan Return on Investment (ROI)?

a)

Rasio yang mengukur total biaya terhadap pendapatan

b)

Rasio yang menghitung biaya tetap dan variabel

c)

Rasio yang mengukur tingkat pengembalian keuntungan dari modal yang diinvestasikan

d)

Rasio yang menunjukkan jumlah unit yang terjual

6.

Rumus ROI adalah?

a)

ROI (%) = (Total Investasi / Keuntungan Bersih) x 100%

b)

ROI (%) = (Pendapatan Total / Biaya Total) x 100%

c)

ROI (%) = (Biaya Tetap / Biaya Variabel) x 100%

d)

ROI (%) = (Keuntungan Bersih / Total Investasi) x 100%

7.

Langkah pertama dalam perhitungan ROI adalah?

a)

Identifikasi Biaya Tetap

b)

Masukkan nilai ke rumus ROI

c)

Tentukan Total Investasi

d)

Hitung Keuntungan Bersih

8.

Jika Pendapatan Total adalah Rp50.000.000, Biaya Tetap Rp10.000.000, dan Biaya Variabel Rp20.000.000, berapa Keuntungan Bersih?

a)

Rp40.000.000

b)

Rp10.000.000

c)

Rp20.000.000

d)

Rp30.000.000

9.

Berapa Total Investasi jika modal awal yang digunakan adalah Rp30.000.000?

a)

Rp20.000.000

b)

Rp10.000.000

c)

Rp30.000.000

d)

Rp50.000.000

10.

Jika Keuntungan Bersih adalah Rp20.000.000 dan Total Investasi Rp30.000.000, berapa ROI?

a)

66,67%

b)

50%

c)

75%

d)

33,33%

11.

Apa kesimpulan dari perhitungan BEP?

a)

Menentukan harga jual per unit

b)

Menghitung total biaya tetap dan variabel

c)

Menunjukkan seberapa efektif modal menghasilkan keuntungan

d)

Membantu mengetahui kapan usaha mencapai titik impas

12.

Apa kesimpulan dari perhitungan ROI?

a)

Menunjukkan seberapa efektif modal menghasilkan keuntungan

b)

Membantu menghitung biaya tetap

c)

Menentukan jumlah unit yang harus dijual

d)

Menghitung total pendapatan

13.

Apa yang harus dilakukan setelah menghitung BEP?

a)

Menganalisis pasar

b)

Menentukan harga jual baru

c)

Menghitung total biaya tetap

d)

Menggunakan perhitungan ini untuk mendukung analisis keuangan

14.

Biaya produksi adalah....

a)

Biaya yang jumlah tetapnya konstan

b)

Biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk terjadinya proses produksi

c)

Biaya yang jumlah tetapnya berubah secar sebanding

d)

Biaya yang mempunyai biaya tetap dan biaya variabel

e)

Biaya yang terjadi pada suatu alternatif tindakan tertentu

15.

Setiap pengusaha atau pemilik modal sebelum menanamkan uang atau modal pada sebuah usaha pasti akan menghitung untung rugi usaha yang akan digeluti terlebih dahulu. Mengapa BEP/titik impas menjadi penting?

a)

Karena titik ini bisa menunjukkan mulai kapan usaha anda memberikan keuntungan yang sesungguhnya

b)

Karena BEP ini bisa dapat menentukan jumlah bahan baku yang anda mau diproduksi

c)

Karena dapat memperjelas bagaimana BEP bisa dihitung oleh logika dan nalar

d)

Pokoknya segala biaya yang diperlukan untuk membuat usaha berjalan atau dapat dimulai

e)

Untuk menghitung perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk BEP

16.

Jika diketahui biaya variable untuk sebuah produk sebesar Rp.10.000,00/unit, biaya tetap Rp. 2.000.000,00, dan harga jual Rp. 20.000,00/unit. Maka BEP ( rupiah) yang akan dicapai sebesar........

a)

Rp. 660.000, 00

b)

Rp. 1.000.000, 00

c)

Rp. 2.000.000, 00

d)

Rp. 4.000.000, 00

17.

Roni memproduksi kasur lantai dengan pengeluaran biaya-biaya sebagai berikut:

- Biaya tetap Rp1.000.000,00/bulan

- Biaya tidak tetap Rp20.000,00/unit

- Harga jual Rp70.000,00/unit

Berapa omzet per bulan yang harus dicapai Roni untuk mencapai BEP ...(buah)

a)

500

b)

200

c)

50

d)

20

18.

Macam biaya berikut ini tidak mengalami kenaikan bila jumlah output yang diproduksi ditambah, yaitu....

a)

Biaya marginal

b)

Biaya rata-rata

c)

Biaya variable rata-rata

d)

Biaya tetap

e)

Biaya variable

19.

Seluruh beban keuangan yang dikeluarkan oleh produsen untuk memproduksi suatu barang atau jasa disebut

a)

baiya total

b)

biaya

c)

produksi

d)

biaya produksi

e)

Ovehead

20.

biaya yang besarnya tergantung jumlah produksi

a)

Biaya Tetap

b)

Biaya Variabel

c)

Biaya Rata-rata

d)

Biaya Marginal

e)

Biaya sendiri

21.

Analisis untuk mengetahui keadaan perusahaan dimana tidak terjadi keuntungan dan tidak terjadi kerugian disebut analisis …

a)

SWOT

b)

Biaya

c)

Pengeluaran

d)

BEP

e)

Prototype

22.

Salah satu contoh biaya tetap adalah….

a)

Biaya membeli gula

b)

Biaya membeli telur

c)

Biaya membeli mentega

d)

Biaya sewa tempat

e)

Biaya telpon

23.

Biaya yang besarnya tetap disebut dengan biaya …

a)

Total

b)

Marginal

c)

Fixed

d)

Variable

e)

Semi variable

24.

Biaya yang besarnya berubah-ubah disebut dengan biaya …

a)

Total

b)

Marginal

c)

Tetap

d)

Variable

e)

semi variable

25.

Yang dimaksud bahan baku adalah

a)

bahan yang digunakan untuk menyelesaikan produk

b)

bahan yang paling banyak dipakai untuk pembuatan produk

c)

bahan yang digunakan untuk mengemas produk

d)

bahan yang digunakan untuk mendukung pembuatan produk

e)

bahan yang dipakai untuk menghias produk

26.

Upah pegawai termasuk ke dalam

a)

biaya bahan baku

b)

biaya administrasi

c)

biaya overhead

d)

biaya tenaga kerja

e)

biaya promosi

27.

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat suatu barang disebut....

a)

biaya administrasi

b)

biaya produksi

c)

biaya bahan baku

d)

biaya variabel

e)

biaya overhead

28.

diketahui laba suatu usaha selama satu bulan sebesar Rp 50.000,- dan modal yang dikeluarkan untuk usahanya sebesar Rp 100.000,-. hitunglah tingkat pengembalian keuntungan perusahaan tersebut (ROI) nya . . .

a)

5%

b)

10%

c)

50%

d)

5%

e)

25%

29.

Yang merupakan kelebihan dari perhitungan ROI untuk memulai usaha adalah . . .

a)

Praktik akuntansi suatu perusahaan mungkin berbeda. Hal ini dapat mengakibatkan kesalahan perbandingan.

b)

ROI dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan investasi.

c)

ROI yang tinggi belum bisa dinilai efektif sebelum dibandingkan dengan biaya modalnya

d)

Fluktuasi nilai uang berpengaruh pada perhitungan karena perbedaan saat pembelian saat inflasi dan saat tidak inflasi.

e)

ROI dapat mengukur keuntungan perusahaan

30.

Diketahui, suatu perusahaan dengan ketentuan sebagai berikut:

Biaya tetap produksi: Rp50.000.

Biaya variabel per unit: Rp1.000

Harga jual per unit: Rp1.500

Berapakah unit yang harus diproduksi supaya perusahaan bisa mencapai BEP tersebut?

a)

100 Unit

b)

150 Unit

c)

200 Unit

d)

250 Unit

e)

300 Unit

31.

Manfaat dari perhitungan BEP dalam proposal usaha, adalah . . .

a)

Menentukan target dan jumlah penjualan yang harus dicapai.

b)

Mengetahui Hasil penjualan yang telah dicapai

c)

Meminimalisir hasil penjualan usaha

d)

Memperhitungkan laba dan rugi usaha

e)

Mendesain kemasan produk

32.

Dibawah ini yang merupapakan fungsi proposal, kecuali . . .

a)

Untuk melaksanakan penelitian

b)

Untuk mendirikan Usaha

c)

Untuk mengajukan tender proyek

d)

Untuk Kepentingan Pribadi

e)

Untuk mengadakan acara atau event

33.

Secara umumnya proposal ada 4, kecuali . . .

a)

Proposal Bisnis

b)

Proposal Proyek

c)

Proposal Pengajuan

d)

Proposal Penelitian

e)

Proposal Kegiatan