Worksheetskisi pts pkwu
Total questions: 41
Worksheet time: 21mins
Makanan khas daerah berikut ini berasal dari Sulawesi adalah....
Sop konro dan buras
Rendang dan pempek
Gudeg dan lumpia
Asinan dan lumpia
Buras dan papeda
Makanan khas daerah berikut ini yang bahan utama pembuatannya dari bahan hewani adalah....
Gudeg dan lumpia
Rendang dan sop konro
Gudeg dan dan rendang
Asinan dan papeda
Buras dan papeda
Karakteristik bahan pangan hewani yang membedakan dengan bahan pangan nabati adalah....
Mengandung protein yang diperlukan oleh tubuh
Mudah rusak
Cenderung tahan terhadap tekanan
Mengandung vitamin dan mineral
Merupakan sumber karbohidrat
Alat dapur tradisonal berikut ini terbuat dari bahan tanah liat. Alat ini dapat memberikan citarasa yang khas jika digunakan untuk memasak gudheg. Alat yang dimaksud adalah....
Belanga atau kuali
Kukusan
Tempaian
Kendi
Tempaiyan
Rebung merupakan bahan yang dapat digunakan untuk membuat makanan khas daerah. Teknik memasak rebung yang paling tepat untuk menghilangkan aroma menyengat dari rebung adalah...
mengukus
mentim
memblansir
menyetup
merebus
Berikut ini yang termasuk teknik memasak kering adalah....
Menumis
Menyetup
Memblansir
Memanggang
Menggoreng
Bahan kemasan makanan khas daerah berikut yang bersifat ramah lingkungan adalah....
daun kelapa
plastik
sterofoam
alumunium foil
kaca
Berikut ini yang tidak termasuk prasyarat pemilihan kemasan makanan adalah....
bahan kemasan mampu melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar
bahan kemasan tidak berbau
bahan kemasan memiliki daya tarik terhadap konsumen
bahan kemasan mudah didapat
bahan kemasan dipilih yang paling mahal
Ikan asin merupakan salah satu makanan khas daerah. Teknik pengawetan ikan asin pada dasarnya menggunakan prinsip....
Pengeringan dan penggaraman
Penambahan asam dan pemanasan
Pemanasan dan pengeringan
Penambahan asam dan pengeringan
Penambahan gula dan pemanasan
Dalam kegiatan usaha, seorang wirausahawan selalu memperhitungkan adanya titik impas atau Break Even Point (BEP), BEP adalah ... .
titik impas produksi
titik utang produksi
titik pendapatan
titik beban tertinggi
titik bunga tertinggi
Berikut ini adalah manfaat dari perhitungan BEP, kecuali …
mengganti system laporan dengan grafik yang mudah dipahami
memberikan informasi mengenai berbagai tingkat volume penjualan
alat perencanaan untuk menghasilkan laba
mengevaluasi laba dari perusahaan secara keseluruhan
menentukan harga jual
Komponen penghitungan dasar BEP dimana komponen ini merupakan biaya per unit yang sifatnya dinamis tergantung dari tindakan volume produksinya disebut …
Selling price
Fixed Cost
Variabel Cost
Total Revenue
Profit
Biaya penyusutan alat merupakan prosedur perhitungan nilai aset selama masa penggunaannya. Biaya penyusutan alat termasuk jenis biaya …
Tetap
Variabel
administrasi
pemasaran
produksi
Berikut ini yang termasuk biaya variabel adalah…
biaya tenaga kerja
biaya listrik
biaya bahan baku
investasi alat
biaya sewa Gedung
Hal - hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan harga jual suatu produk, kecuali …
Biaya
pesaing
pelanggan
kemasan
kemanfaatan untuk usaha
Sebuah restoran memproduksi 40 bungkus rendang daging sapi untuk satu kali proses produksi. Rendang dijual dengan harga Rp. 45.000,-/bungkus. Biaya variabel perbungkus rendang adalah Rp. 36.000,-, biaya tetapnya Rp 161.000,-. BEP dalam rupiah dari data tersebut adalah …
Rp. 805.000,-
Rp. 807.500,-
Rp. 800.000,-
Rp. 805.700,-
Rp. 850.000,-
Dalam usaha makanan daerah Pempek, biaya tetap yang harus dikeluarkan adalah Rp.250.000,- dan biaya variabelnya sebesar Rp.3.000,- per bungkus. Pempek tersebut dijual dengan harga Rp. 5.000,- perbungkus, maka besarnya BEP dalam unit adalah...
125
130
135
140
145
Dalam grafik BEP saat garis total revenue di atas garis total cost, maka perusahaan mengalami ...
rugi
laba
titik impas
kebangkrutan
keseimbangan
Sebuah catering memproduksi klepon sebanyak 100 bungkus untuk satu kali produksi, biaya tetap yang harus dikeluarkan adalah Rp.250.000,- dan biaya variabelnya sebesar Rp.1.500,- per bungkus. Klepon tersebut dijual dengan harga Rp. 2.000,- perbungkus, maka berapa buah klepon yang harus terjual untuk mendapatkan laba sebesar Rp.50.000,-?
200
210
215
225
250
Berikut ini yang merupakan karakteristik makanan khas asli daerah dari Sumatra adalah....
Banyak menggunakan sayur mentah
Masakan cenderung manis
Makanan banyak menggunakan terasi dan petis
Makanannnya menggunakan banyak cabai hingga rasanya relatif pedas
Bawang putih menjadi bumbu dominan
Biaya yang jumlahnya menyesuaikan dengan volume aktivitas produksi disebut ….
Biaya overhead pabrik
Biaya campuran
Biaya tetap
Biaya variabel
Biaya bahan baku langsung
Salah satu contoh biaya tetap adalah ….
Biaya pembelian gula
Biaya pembelian telur
Biaya pembelian mentega
Biaya sewa tempat
Biaya karyawan baru
Pak Hasan memiliki sebuah usaha toko sepeda dengan Fixed cost sebesar Rp.5.000.000. Variable Cost adalah sebesar Rp.200.000/unit, dengan harga jual Rp.1.500.000/unit. Hitunglah BEP per unitnya yaitu :
3.56
3.80
4.5
4.2
4
Setiap pengusaha atau pemilik modal sebelum menanamkan uang atau modal pada sebuah usaha pasti akan menghitung untung rugi usaha yang akan digeluti terlebih dahulu. Mengapa BEP/titik impas menjadi penting?
Karena titik ini bisa menunjukkan mulai kapan usaha anda memberikan keuntungan yang sesungguhnya
Karena BEP ini bisa dapat menentukan jumlah bahan baku yang anda mau diproduksi
Karena dapat memperjelas bagaimana BEP bisa dihitung oleh logika dan nalar
Pokoknya segala biaya yang diperlukan untuk membuat usaha berjalan atau dapat dimulai
Untuk menghitung perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk BEP
Pak Rusli memiliki sebuah toko mebel dengan Fixed Cost sebesar Rp.10.000.000. Variable Cost usahanya adalah sebesar Rp.500.000/unit, dengan harga jual Rp.2.500.000/unit . hitung BEP Rupiahnya yaitu :
Rp.12.700.000
Rp.13.500.000
Rp.12.500.000
Rp.13.700.000
Rp.11.500.000
Misalnya satu kali proses produksi menghasilkan 12 buah produk dengan total biaya produksi Rp. 54.000,00 maka Harga Pokok Produksi (HPP) / unit adalah …
Rp. 3.500,00
Rp. 4.500,00
Rp. 5.400,00
Rp. 5.500,00
Rp. 6.500,00
Perhatikan pernyataan berikut:
a .biaya komersial dengan biaya tenaga kerja
b. semua biaya yang dikeluarkan untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual
c. jumlah biaya produksi yang melekat pada persediaan barang jadi sebelum barang tersebut laku dijual.
d. biaya langsung adalah biaya untuk direktur perusahaan
e. biaya produksi terdiri atas pemakaian bahan, tenaga kerja langsung, dan biaya pemasaran
Dari pernyataan di atas, manakah yang merupakan pengertian dari harga pokok produksi?
a dan b
b dan c
c dan d
d dan e
salah semua
Roni memproduksi kasur lantai dengan pengeluaran biaya-biaya sebagai berikut:
- Biaya tetap Rp1.000.000,00/bulan
- Biaya tidak tetap Rp20.000,00/unit
- Harga jual Rp70.000,00/unit
Berapa omzet per bulan yang harus dicapai Roni untuk mencapai BEP ...(buah)
500
200
50
20
15. Suatu perusahaan mengeluarkan biaya tetap 300.000, biaya variable per unit 40. Harga jual per unit 100. Hitunglah jumlah produk saat mencapai BEP! (unit)
5.000
4.000
2.000
1.000
Seorang wirausahawan muda bernama Tanjung berencana mendirikan bengkel sepeda motor, biaya-biaya yang harus dikeluarkan adalah sebagai berikut:
- Sewa tempat Rp8.400.000,00/tahun
- Gaji tetap 2 montir Rp800.000,00/bulan
- Penyusutan peralatan Rp1.200.000,00/tahun
- Gaji teknisi tidak tetap Rp 40% dari ongkos servis motor
- Harga servis Rp 16.000,00/unit
Berapa unit motor per bulan yang harus di servis Tanjung agar dapat mencapai BEP ?
150
167
177
156
Seperti yang kita ketahui pengolahan ada pengolahan makanan awetan dari bahan nabati, jadi apa yang dimaksud dengan pengolahan ...
Pengolahan adalah sebuah proses mengusahakan atau mengerjakan sesuaru menjadi lebih sempurna.
Pengolahan merupakan cara untuk mengolah atau memasak makanan.
Pengolahan adalah cara untuk memasak makanan menjadi enak.
Pengolahan adalah metode dalam mengolah makanan.
Faktor yang paling menentukan usaha pengolahan makanan mengalami untung adalah
Harga
Rasa
Bentuk
Promosi
Bahan makanan dibedakan menjadi 2 yaitu, bahan nabati dan bahan hewani. Bahan nabati berasal dari.....
Daging
Ayam
Sayuran dan buah-buahan
Telur
Besarnya nilai korbanan (biaya) yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu unit produk tertentu disebut …
Harga pokok
Harga pokok produksi
Beban operasional
Biaya operasional
Pernyataan yang benar tentang BEP adalah ….
BEP produksi merupakan perbandingan antara total biaya dan harga penjualan
BEP produksi merupakan perbandingan antara total biaya dan jumlah produksi
BEP produksi merupakan perbandingan antara modal awal dan laba bersih perbulan
Jika tidak tercapai BEP produksi, laba yang dihasilkan semakin banyak
Jika bisnis seseorang mengalami break even point, bisnis tersebut ….
Memperoleh laba yang tinggi
Penjualan lebih rendah dibandingkan dengan biaya
Penjualan lebih besar daripada biaya ongkos yng dikeluarkan
Tidak untung dan juga tidak rugi
Berikut adalah jenis-jenis dari biaya kecuali….
Tetap
Variabel
Langsung
Biaya Overhead
Salah satu contoh biaya overhead adalah ….
Bahan Langsung
Biaya tenaga produksi
Biaya produksi
Biaya konsumen
Harga Pokok Produksi (HPP) terdiri dari beberapa elemen satu diantaranya adalah….
Biaya Pokok
Bahan baku biaya
Biaya produksi
Biaya overhead
Salah satu Langkah dalam menghitung HPP adalah….
Menghitung biaya harga pokok
Menghitung harga tenaga kerja yang dikeluarkan
Menghitung biaya bahan baku
Menghitung biaya produksi
Diketahui jika biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat produk kosmetik Rp.400.000,- / paket, sedangkan total produksi menghasilkan 240 bungkus per paket dan jika harga produk kosmetik dihargai sebesar Rp. 9.000,- per bungkus, maka besarnya BEP produksi adalah (a)
