Wayground logo

Free Printable Worksheets

Font size

S
M
L
XL
Worksheets

kisi pts pkwu

Total questions: 41

Worksheet time: 21mins

Name
Class
Date
1.

Makanan khas daerah berikut ini berasal dari Sulawesi adalah....

a)

Sop konro dan buras

b)

Rendang dan pempek

c)

Gudeg dan lumpia

d)

Asinan dan lumpia

e)

Buras dan papeda

2.

Makanan khas daerah berikut ini yang bahan utama pembuatannya dari bahan hewani adalah....

a)

Gudeg dan lumpia

b)

Rendang dan sop konro

c)

Gudeg dan dan rendang

d)

Asinan dan papeda

e)

Buras dan papeda

3.

Karakteristik bahan pangan hewani yang membedakan dengan bahan pangan nabati adalah....

a)

Mengandung protein yang diperlukan oleh tubuh

b)

Mudah rusak

c)

Cenderung tahan terhadap tekanan

d)

Mengandung vitamin dan mineral

e)

Merupakan sumber karbohidrat

4.

Alat dapur tradisonal berikut ini terbuat dari bahan tanah liat. Alat ini dapat memberikan citarasa yang khas jika digunakan untuk memasak gudheg. Alat yang dimaksud adalah....

a)

Belanga atau kuali

b)

Kukusan

c)

Tempaian

d)

Kendi

e)

Tempaiyan

5.

Rebung merupakan bahan yang dapat digunakan untuk membuat makanan khas daerah. Teknik memasak rebung yang paling tepat untuk menghilangkan aroma menyengat dari rebung adalah...

a)

mengukus

b)

mentim

c)

memblansir

d)

menyetup

e)

merebus

6.

Berikut ini yang termasuk teknik memasak kering adalah....

a)

Menumis

b)

Menyetup

c)

Memblansir

d)

Memanggang

e)

Menggoreng

7.

Bahan kemasan makanan khas daerah berikut yang bersifat ramah lingkungan adalah....

a)

daun kelapa

b)

plastik

c)

sterofoam

d)

alumunium foil

e)

kaca

8.

Berikut ini yang tidak termasuk prasyarat pemilihan kemasan makanan adalah....

a)

bahan kemasan mampu melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar

b)

bahan kemasan tidak berbau

c)

bahan kemasan memiliki daya tarik terhadap konsumen

d)

bahan kemasan mudah didapat

e)

bahan kemasan dipilih yang paling mahal

9.

Ikan asin merupakan salah satu makanan khas daerah. Teknik pengawetan ikan asin pada dasarnya menggunakan prinsip....

a)

Pengeringan dan penggaraman

b)

Penambahan asam dan pemanasan

c)

Pemanasan dan pengeringan

d)

Penambahan asam dan pengeringan

e)

Penambahan gula dan pemanasan

10.

Dalam kegiatan usaha, seorang wirausahawan selalu memperhitungkan adanya titik impas atau Break Even Point (BEP), BEP adalah ... .

a)

titik impas produksi

b)

titik utang produksi

c)

titik pendapatan

d)

titik beban tertinggi

e)

titik bunga tertinggi

11.

Berikut ini adalah manfaat dari perhitungan BEP, kecuali …

a)

mengganti system laporan dengan grafik yang mudah dipahami

b)

memberikan informasi mengenai berbagai tingkat volume penjualan

c)

alat perencanaan untuk menghasilkan laba

d)

mengevaluasi laba dari perusahaan secara keseluruhan

e)

menentukan harga jual

12.

Komponen penghitungan dasar BEP dimana komponen ini merupakan biaya per unit yang sifatnya dinamis tergantung dari tindakan volume produksinya disebut …

a)

Selling price

b)

Fixed Cost

c)

Variabel Cost

d)

Total Revenue

e)

Profit

13.

Biaya penyusutan alat merupakan prosedur perhitungan nilai aset selama masa penggunaannya. Biaya penyusutan alat termasuk jenis biaya …

a)

Tetap

b)

Variabel

c)

administrasi

d)

pemasaran

e)

produksi

14.

Berikut ini yang termasuk biaya variabel adalah…

a)

biaya tenaga kerja

b)

biaya listrik

c)

biaya bahan baku

d)

investasi alat

e)

biaya sewa Gedung

15.

Hal - hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan harga jual suatu produk, kecuali …

a)

Biaya

b)

pesaing

c)

pelanggan

d)

kemasan

e)

kemanfaatan untuk usaha

16.

Sebuah restoran memproduksi 40 bungkus rendang daging sapi untuk satu kali proses produksi. Rendang dijual dengan harga Rp. 45.000,-/bungkus. Biaya variabel perbungkus rendang adalah Rp. 36.000,-, biaya tetapnya Rp 161.000,-. BEP dalam rupiah dari data tersebut adalah …

a)

Rp. 805.000,-

b)

Rp. 807.500,-

c)

Rp. 800.000,-

d)

Rp. 805.700,-

e)

Rp. 850.000,-

17.

Dalam usaha makanan daerah Pempek, biaya tetap yang harus dikeluarkan adalah Rp.250.000,- dan biaya variabelnya sebesar Rp.3.000,- per bungkus. Pempek tersebut dijual dengan harga Rp. 5.000,- perbungkus, maka besarnya BEP dalam unit adalah...

a)

125

b)

130

c)

135

d)

140

e)

145

18.

Dalam grafik BEP saat garis total revenue di atas garis total cost, maka perusahaan mengalami ...

a)

rugi

b)

laba

c)

titik impas

d)

kebangkrutan

e)

keseimbangan

19.

Sebuah catering memproduksi klepon sebanyak 100 bungkus untuk satu kali produksi, biaya tetap yang harus dikeluarkan adalah Rp.250.000,- dan biaya variabelnya sebesar Rp.1.500,- per bungkus. Klepon tersebut dijual dengan harga Rp. 2.000,- perbungkus, maka berapa buah klepon yang harus terjual untuk mendapatkan laba sebesar Rp.50.000,-?

a)

200

b)

210

c)

215

d)

225

e)

250

20.

Berikut ini yang merupakan karakteristik makanan khas asli daerah dari Sumatra adalah....

a)

Banyak menggunakan sayur mentah

b)

Masakan cenderung manis

c)

Makanan banyak menggunakan terasi dan petis

d)

Makanannnya menggunakan banyak cabai hingga rasanya relatif pedas

e)

Bawang putih menjadi bumbu dominan

21.

Biaya yang jumlahnya menyesuaikan dengan volume aktivitas produksi disebut ….

a)

Biaya overhead pabrik

b)

Biaya campuran

c)

Biaya tetap

d)

Biaya variabel

e)

Biaya bahan baku langsung

22.

Salah satu contoh biaya tetap adalah ….

a)

Biaya pembelian gula

b)

Biaya pembelian telur

c)

Biaya pembelian mentega

d)

Biaya sewa tempat

e)

Biaya karyawan baru

23.

Pak Hasan memiliki sebuah usaha toko sepeda dengan Fixed cost sebesar Rp.5.000.000. Variable Cost adalah sebesar Rp.200.000/unit, dengan harga jual Rp.1.500.000/unit. Hitunglah BEP per unitnya yaitu :

a)

3.56

b)

3.80

c)

4.5

d)

4.2

e)

4

24.

Setiap pengusaha atau pemilik modal sebelum menanamkan uang atau modal pada sebuah usaha pasti akan menghitung untung rugi usaha yang akan digeluti terlebih dahulu. Mengapa BEP/titik impas menjadi penting?

a)

Karena titik ini bisa menunjukkan mulai kapan usaha anda memberikan keuntungan yang sesungguhnya

b)

Karena BEP ini bisa dapat menentukan jumlah bahan baku yang anda mau diproduksi

c)

Karena dapat memperjelas bagaimana BEP bisa dihitung oleh logika dan nalar

d)

Pokoknya segala biaya yang diperlukan untuk membuat usaha berjalan atau dapat dimulai

e)

Untuk menghitung perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk BEP

25.

Pak Rusli memiliki sebuah toko mebel dengan Fixed Cost sebesar Rp.10.000.000. Variable Cost usahanya adalah sebesar Rp.500.000/unit, dengan harga jual Rp.2.500.000/unit . hitung BEP Rupiahnya yaitu :

a)

Rp.12.700.000

b)

Rp.13.500.000

c)

Rp.12.500.000

d)

Rp.13.700.000

e)

Rp.11.500.000

26.

Misalnya satu kali proses produksi menghasilkan 12 buah produk dengan total biaya produksi Rp. 54.000,00 maka Harga Pokok Produksi (HPP) / unit adalah …

a)

Rp. 3.500,00

b)

Rp. 4.500,00

c)

Rp. 5.400,00

d)

Rp. 5.500,00

e)

Rp. 6.500,00

27.

Perhatikan pernyataan berikut:

a .biaya komersial dengan biaya tenaga kerja

b. semua biaya yang dikeluarkan untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual

c. jumlah biaya produksi yang melekat pada persediaan barang jadi sebelum barang tersebut laku dijual.

d. biaya langsung adalah biaya untuk direktur perusahaan

e. biaya produksi terdiri atas pemakaian bahan, tenaga kerja langsung, dan biaya pemasaran

Dari pernyataan di atas, manakah yang merupakan pengertian dari harga pokok produksi?

a)

a dan b

b)

b dan c

c)

c dan d

d)

d dan e

e)

salah semua

28.

Roni memproduksi kasur lantai dengan pengeluaran biaya-biaya sebagai berikut:

- Biaya tetap Rp1.000.000,00/bulan

- Biaya tidak tetap Rp20.000,00/unit

- Harga jual Rp70.000,00/unit

Berapa omzet per bulan yang harus dicapai Roni untuk mencapai BEP ...(buah)

a)

500

b)

200

c)

50

d)

20

29.

15. Suatu perusahaan mengeluarkan biaya tetap 300.000, biaya variable per unit 40. Harga jual per unit 100. Hitunglah jumlah produk saat mencapai BEP! (unit)

a)

5.000

b)

4.000

c)

2.000

d)

1.000

30.

Seorang wirausahawan muda bernama Tanjung berencana mendirikan bengkel sepeda motor, biaya-biaya yang harus dikeluarkan adalah sebagai berikut:

- Sewa tempat Rp8.400.000,00/tahun

- Gaji tetap 2 montir Rp800.000,00/bulan

- Penyusutan peralatan Rp1.200.000,00/tahun

- Gaji teknisi tidak tetap Rp 40% dari ongkos servis motor

- Harga servis Rp 16.000,00/unit

Berapa unit motor per bulan yang harus di servis Tanjung agar dapat mencapai BEP ?

a)

150

b)

167

c)

177

d)

156

31.

Seperti yang kita ketahui pengolahan ada pengolahan makanan awetan dari bahan nabati, jadi apa yang dimaksud dengan pengolahan ... 

a)

Pengolahan adalah sebuah proses mengusahakan atau mengerjakan sesuaru menjadi lebih sempurna. 

b)

Pengolahan merupakan cara untuk mengolah atau memasak makanan. 

c)

Pengolahan adalah cara untuk memasak makanan menjadi enak. 

d)

Pengolahan adalah metode dalam mengolah makanan. 

32.

Faktor yang paling menentukan usaha pengolahan makanan mengalami untung adalah

a)

Harga

b)

Rasa

c)

Bentuk

d)

Promosi

33.

Bahan makanan dibedakan menjadi 2 yaitu, bahan nabati dan bahan hewani. Bahan nabati berasal dari.....

a)

Daging

b)

Ayam

c)

Sayuran dan buah-buahan

d)

Telur

34.

Besarnya nilai korbanan (biaya) yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu unit produk tertentu disebut …

a)

Harga pokok

b)

Harga pokok produksi

c)

Beban operasional

d)

Biaya operasional

35.

Pernyataan yang benar tentang BEP adalah ….

a)

BEP produksi merupakan perbandingan antara total biaya dan harga penjualan

b)

BEP produksi merupakan perbandingan antara total biaya dan jumlah produksi

c)

BEP produksi merupakan perbandingan antara modal awal dan laba bersih perbulan

d)

Jika tidak tercapai BEP produksi, laba yang dihasilkan semakin banyak

36.

Jika bisnis seseorang mengalami break even point, bisnis tersebut ….

a)

Memperoleh laba yang tinggi

b)

Penjualan lebih rendah dibandingkan dengan biaya

c)

Penjualan lebih besar daripada biaya ongkos yng dikeluarkan

d)

Tidak untung dan juga tidak rugi

37.

Berikut adalah jenis-jenis dari biaya kecuali….

a)

Tetap

b)

Variabel

c)

Langsung

d)

Biaya Overhead

38.

Salah satu contoh biaya overhead adalah ….

a)

Bahan Langsung

b)

Biaya tenaga produksi

c)

Biaya produksi

d)

Biaya konsumen

39.

Harga Pokok Produksi (HPP) terdiri dari beberapa elemen satu diantaranya adalah….

a)

Biaya Pokok

b)

Bahan baku biaya

c)

Biaya produksi

d)

Biaya overhead

40.

Salah satu Langkah dalam menghitung HPP adalah….

a)

Menghitung biaya harga pokok

b)

Menghitung harga tenaga kerja yang dikeluarkan

c)

Menghitung biaya bahan baku

d)

Menghitung biaya produksi

41.

Diketahui jika biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat produk kosmetik Rp.400.000,- / paket, sedangkan total produksi menghasilkan 240 bungkus per paket dan jika harga produk kosmetik dihargai sebesar Rp. 9.000,- per bungkus, maka besarnya BEP produksi adalah (a)